Sunday, July 6, 2014

CONTOH MACAM MACAM PARAGRAF

PARAGRAF NARATIF
1.      Hari-hariku sebagai pekerja perempuan di perusahaan industri makanan olahan sangat padat dan melelahkan.  Bayangkan pagi-pagi sekali aku harus bangun dan menyiapkan sarapan anak-anakku.  Sebelumnya,  aku tentu harus memandikan mereka karena anak-anakku masih kecil.  Sambil aku ganti baju kerja,  aku sempatkan menyuapi anakku yang paling kecil.  Setelah beres urusan rumah,  segera aku berlari untuk mengejar angkutan yang mengangkutku ke jalan raya yang dilalui bus.

2.      Ratusan warga mengalami keracunan.  Musibah itu terjadi enam jam setelah mereka menikmati hidangan dalam hajatan sunatan di rumah Slamet Riyadi (38),  warga Desa Jompo Kulon,  Kecamatan Sokaraja,  Kabupaten Banyumas,  Jawa Tengah.  Sekitar 200 penduduk dari beberapa desa dibawa ke rumah sakit di puskesmas.  Tak ada korban meninggal dalam musibah tersebut.

PARAGRAF PERSUASI
1.      Beras organik lebih menguntungkan daripada beras nonorganik.  Mutu beras organik lebih sehat,  awet,  dan lebih enak.  Selain itu,  beras organik tidak mencemari lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia. Keuntungan yang didapat para petani beras organik juga lebih tinggi.  Petani beras organik mendapatkan keuntungan 34 % dari biaya prduksi,  sedangkan petani beras nonorganik hanya mendapat keuntungan 16 % dari biaya produksi.  Oleh karena itu,  mari kita bertani dengan cara organik agar lebih mnguntungkan dan dapat meningkatkan taraf hidup.

2.      Tidak dapat disangkal bahwa praktik berpidato menjadi semacam “obat kuat’ untuk membangun rasa percaya diri.  Jika rasa percaya diri itu sudah besar,  kita dapat tampil tenang tanpa digoda rasa malu,  takut,  dan grogi.  Ketenangan inilah yang menjadi modal utama untuk meraih keberhasilan pidato.  Oleh karena itu,  marilah kita melaksanakn praktik berpidato agar kita segera memperoleh keterampilan atau bahkan kemahiran berpidato.

PARAGRAF EKSPOSITIF
1.      Pemerintah akan memberikan bantuan rumah atau bangunan kepada korban gempa.  Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan tingkat kerusakannya.  Warga yang rumahnya rusak ringan mendapatkan bantuan sekitar 10 juta. warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta.  Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan sekitar 30 juta.  Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawalan dari pihak LSM.

2.      Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih.  Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya.  Bila bayi dididik dengan baik seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Jadi,  membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat

PARAGRAF DESKRIPSI
1.      Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik,  khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman,  tenang,  jauh dari kebisingan kota.  Pohon-pohonnya rindang.  Bentangan lautnya luas.  Bagi penyelam,  Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang.  Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan wisata alternatif.

2.      Sungai ciliwung terletak di Jakarta.  Sungai ini mengalir di seluruh Jakarta.  Sayangnya,  Sungai Ciliwung dipenuhi tumpukan sampah.  Tumpukan sampah di sungai dihinggapi lalat.  Lalat-lalat itu selalu berterbangan ke perumahan warga dan membawa berbagai macam penyakit.  Selain itu tumpukan sampah juga menebarkan bau yang sangat menyengat.  Sungguh pemandangan yang sangat menyedihkan.

PARAGRAF ARGUMENTASI
1.      Pencemaran lingkungan hampir terjadi di seluruh Indonesia,  terutama di kota-kota besar.  Pencemaran itu,  antara lain,  polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak,  pembuangan limbah industri dari pabrik-pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur,  dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan.  Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar.  Misalnya udara menjadi kotor dan tidak sehat,  menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau menjangkitnya wabah penyakit,  serta bencana banjir karena saluran-saluran air tersumbat oleh sampah.

2.      Jumlah anak jalanan di kota-kota besar semakin hari semakin bertambah.  Mereka memenuhi jalan-jalan utama di pusat kota dengan segala tingkah dan aksinya.  Berbagai macam cara mereka lakukan agar dapat bertahan hidup di jalanan,  dari cara yang sopan hingga yang paling brutal.  Mereka berkeliaran di jalan dan mencari hidup dengan cara meminta-minta.  Fenomena seperti ini mulai tampak menggejala ketika krisis ekonomi melanda negara kita.  Krisis yang berkepanjangan menjadi penyebab kesulitan hidup di segala sektor/bidang.


Me

Post a Comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .

Credits