PerkembanganBahasaLisan
Kecerdasanmanusiasudahterbentuksejakberadadidalamrahim.Suarapertama
yang didengaradalahsuaraibu.
Namunsetelahlahirotakakanberkembangdanmampumembedakansemuabahasa.
Padabulanpertamabayitidakhanyamendengardanmemproduksisuarasendiri.Diaberlatihseolah-olahmerekamencobauntukefekdanakurasi,
sehinggamemperkuatototdanpelavalan vocal melaluipengucapan yang
berulang-ulang.Setelahlimabulanbayidapatmenggabungkan vocal
dankonsonanuntukmenghasilkanapa yang disebut “mengocehkononik”.
Bayisekarangtakhenti-hentinyamenciptakansuaraberualng-ulang “ma, ma, ma” dan
“ha, ba, ba,” halinimelatihotot-otot vocal danmendengarkanproduksi vocal
sendiri.
Jumlahkualitasbayimengocehdipengaruhiolehrespon
yang diberikanoleh orang tua, jika orang
tuamerespondenganmendengarkandanmenirukansuarabayi, makabayiakanlebihbanyakmengoceh.
Sebaliknyajika orang tuakurangmeresponapa yang di ucapkanbayi,
makabayiakanmengarahkekurangmengoceh. Ketikabayiberumur Sembilan
bulanatausepuluhbulaniamenemukanmakna yang
dapatdisampaikanolehsuaramungkinakanmendapattanggapanseperti “hai” dan “bye.”
Sehinggaiamencobauntukmemintasesuatudenganmengeluarkansuaraberharapusahanyaakanmenghasilkanrespondari
orang tuanya. Berdasarkanpenelitianmenunjukkanbahwavariabel yang paling
pentinguntukmendukungnyaadalahcara orang tuaberinteraksidenganbayinya. Padausiaduabelasbulan,
anakseringbelajarsebanyakenam kata. Diaterusmenambahkanbeberapa kata
bendadanekspresimasing-masingbulan.
PengembanganBahasaTertulis
Anakmnciptakn rasa
umumdarisekitarnyadanpemahaman global darilingkungannya yang
memungkinkandiauntukberadaptasidengan “waktu, tempat,
danbudaya”.Kekayaanpengalamanindra yang
diperlukandalammengembangkanpengembanganbahasadankecerdasan yang
membantuuntukmenjelaskanmetodepengajaranbahasaasing. Padaawalnyadasarinderabahasamenuntutbahwabayimengalamikeadaannyatayaituwajahibudantangan,
kaki bayisendiri.Padaminggu-minggupertamapara orang tuamembantuanaknyauntuk
symbol representasidenganmemperkenalkancontohnyatasepertibonekabinatang yang
menggambarkanfiturwajahrealistisdanpropositubuhseimbang yang mencerminkanpengalamananakpadadunianyata.
Dari waktukewaktu,
bermainpenamaanpermainanakanmembantuanakuntukmengenallebihbanyakobjek. Dan setelahiamemilikibanyakpengalaman,
andadapatmengetahuikemampuananakdengancara,
andadapatmemintauntukidentifikasiobyekdenganmengatakan, "Apaini?"
pertanyaaninimerupakantespengetahuananak.Yang pentinguntukdiingatadalahpara
orang tuaterlibatdalambermainpermainananak agar anakdapatdiberipelajaranbaru.
Memberikanbuku-bukuuntukanak di bawahenamtahun yang
didasarkanpadarealitas, bukanfantasi.Kuaitasbuku yang
diproduksijugamencerminkanrealitasdan
introduceanakuntukpengetahuanlebihlanjuttentangdunia. Yang pentingpadatahap in
anakmenyerapdenganbaikmengenaibahasadanpemikiranekspresif.
MusikdanSeni
Musikadalahbentukkomunikasimaunisamelaluisuasanahatidanpesan.Musikmenjadibagiandaritradisimanusiasejakawalisyaratwaktuperayaan,
ataubahaya yang sudahdekat.kehadirandalammembuatmusikadalah yang
terpenting.anak-anakdapatmelihatbagaimanavokalsuaraterbentuk,danpengulangan,
alirandalamlagubaladamemungkinkanmerekamengembangkankapasitasmenghafal.
Mainankerincingan yang biasanyadigunakanuntukpercobaanpertamapadabayiuntukmemproduksisuaradaniramdenganusahamereksendiri.gerakanmenghasilkansuaradenganmainanitu,
seolah-olahmengatakan, "Apaitu? Apaitu?,padaduabelasbulan, bayimembuatsuaradenganbertepuktangan,
di sekitardelapanbelasbulan,
diasukamengetuk-ngetukkantangannyakesebuahbendadenganpelanuntukmenghasilkankotakmusiksendiri.
MainandanImajinatif
Anakkecilmenggunakan 6
tahunpertamakehidupanuntuksecaabertahapmengembngkanpotensimereka.Semuaobjekberdasarkankenyataan,
terjadimasalahbagimerekaketikabenda-benda yang di
berikanuntukbermainmenggambarkanfantasiatauinformasipalsutentangdunia.Sepertibonekaberuang
yang berwarnamerah.
Orang
tuacenderungmengatakanmerekaberharapanak-anakmerekaakanbahagiasehiggamerekamemanjakananak-anakmereka.
Anakkecilbiasanyahanyamencintaisatubonekaataubeberapamainantertentu.Jenismainan
yang di berikan orang tuaakanberfungsisebagaialat bantu, bukanmenjadihambatan,
untukperkembangan yang lebihbaiklagi. Tujuannyasambungandengan orang lain
danpemahaman orang lain bias lebihbaik.
Pemilihanbahanmainanakanlebihbaikmemilih
item
darikayudaripadaplastikuntukanakkecil.kayumenawarkankeragamanpengalamananak :
detail yang indahdaribiji-bijian yang berbeda,memiliki aroma yang
berbeda-bedasepertipinusatau birch, beberapasuara yang di hasilkan,
terlebihlagiprodukkayumengajarkananakuntukmenghargaiaalam.
Sedangkanplastikadalahprodukbuatanmanusia yang hampirtidak bias dihancurkan,
tidakmemerlukanperawatankhususjugatidakmenawakanberbagaipengalamaninderakepadaanak.
Post a Comment
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.
1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .