Sunday, July 6, 2014

CARA MENGEMBANGKAN KAPASITAS BERPIKIR PADA BAYI

PerkembanganBahasaLisan           

Kecerdasanmanusiasudahterbentuksejakberadadidalamrahim.Suarapertama yang didengaradalahsuaraibu. Namunsetelahlahirotakakanberkembangdanmampumembedakansemuabahasa. Padabulanpertamabayitidakhanyamendengardanmemproduksisuarasendiri.Diaberlatihseolah-olahmerekamencobauntukefekdanakurasi, sehinggamemperkuatototdanpelavalan vocal melaluipengucapan yang berulang-ulang.Setelahlimabulanbayidapatmenggabungkan vocal dankonsonanuntukmenghasilkanapa yang disebut “mengocehkononik”. Bayisekarangtakhenti-hentinyamenciptakansuaraberualng-ulang “ma, ma, ma” dan “ha, ba, ba,” halinimelatihotot-otot vocal danmendengarkanproduksi vocal sendiri.
            Jumlahkualitasbayimengocehdipengaruhiolehrespon yang diberikanoleh orang tua, jika orang tuamerespondenganmendengarkandanmenirukansuarabayi, makabayiakanlebihbanyakmengoceh. Sebaliknyajika orang tuakurangmeresponapa yang di ucapkanbayi, makabayiakanmengarahkekurangmengoceh. Ketikabayiberumur Sembilan bulanatausepuluhbulaniamenemukanmakna yang dapatdisampaikanolehsuaramungkinakanmendapattanggapanseperti “hai” dan “bye.” Sehinggaiamencobauntukmemintasesuatudenganmengeluarkansuaraberharapusahanyaakanmenghasilkanrespondari orang tuanya. Berdasarkanpenelitianmenunjukkanbahwavariabel yang paling pentinguntukmendukungnyaadalahcara orang tuaberinteraksidenganbayinya. Padausiaduabelasbulan, anakseringbelajarsebanyakenam kata. Diaterusmenambahkanbeberapa kata bendadanekspresimasing-masingbulan.


PengembanganBahasaTertulis

Anakmnciptakn rasa umumdarisekitarnyadanpemahaman global darilingkungannya yang memungkinkandiauntukberadaptasidengan “waktu, tempat, danbudaya”.Kekayaanpengalamanindra yang diperlukandalammengembangkanpengembanganbahasadankecerdasan yang membantuuntukmenjelaskanmetodepengajaranbahasaasing. Padaawalnyadasarinderabahasamenuntutbahwabayimengalamikeadaannyatayaituwajahibudantangan, kaki bayisendiri.Padaminggu-minggupertamapara orang tuamembantuanaknyauntuk symbol representasidenganmemperkenalkancontohnyatasepertibonekabinatang yang menggambarkanfiturwajahrealistisdanpropositubuhseimbang yang mencerminkanpengalamananakpadadunianyata. Dari waktukewaktu, bermainpenamaanpermainanakanmembantuanakuntukmengenallebihbanyakobjek. Dan setelahiamemilikibanyakpengalaman, andadapatmengetahuikemampuananakdengancara, andadapatmemintauntukidentifikasiobyekdenganmengatakan, "Apaini?" pertanyaaninimerupakantespengetahuananak.Yang pentinguntukdiingatadalahpara orang tuaterlibatdalambermainpermainananak agar anakdapatdiberipelajaranbaru.
Memberikanbuku-bukuuntukanak di bawahenamtahun yang didasarkanpadarealitas, bukanfantasi.Kuaitasbuku yang diproduksijugamencerminkanrealitasdan introduceanakuntukpengetahuanlebihlanjuttentangdunia. Yang pentingpadatahap in anakmenyerapdenganbaikmengenaibahasadanpemikiranekspresif.

MusikdanSeni

            Musikadalahbentukkomunikasimaunisamelaluisuasanahatidanpesan.Musikmenjadibagiandaritradisimanusiasejakawalisyaratwaktuperayaan, ataubahaya yang sudahdekat.kehadirandalammembuatmusikadalah yang terpenting.anak-anakdapatmelihatbagaimanavokalsuaraterbentuk,danpengulangan, alirandalamlagubaladamemungkinkanmerekamengembangkankapasitasmenghafal.
            Mainankerincingan yang biasanyadigunakanuntukpercobaanpertamapadabayiuntukmemproduksisuaradaniramdenganusahamereksendiri.gerakanmenghasilkansuaradenganmainanitu, seolah-olahmengatakan, "Apaitu? Apaitu?,padaduabelasbulan, bayimembuatsuaradenganbertepuktangan, di sekitardelapanbelasbulan, diasukamengetuk-ngetukkantangannyakesebuahbendadenganpelanuntukmenghasilkankotakmusiksendiri.

MainandanImajinatif

            Anakkecilmenggunakan 6 tahunpertamakehidupanuntuksecaabertahapmengembngkanpotensimereka.Semuaobjekberdasarkankenyataan, terjadimasalahbagimerekaketikabenda-benda yang di berikanuntukbermainmenggambarkanfantasiatauinformasipalsutentangdunia.Sepertibonekaberuang yang berwarnamerah.
            Orang tuacenderungmengatakanmerekaberharapanak-anakmerekaakanbahagiasehiggamerekamemanjakananak-anakmereka. Anakkecilbiasanyahanyamencintaisatubonekaataubeberapamainantertentu.Jenismainan yang di berikan orang tuaakanberfungsisebagaialat bantu, bukanmenjadihambatan, untukperkembangan yang lebihbaiklagi. Tujuannyasambungandengan orang lain danpemahaman orang lain bias lebihbaik.

            Pemilihanbahanmainanakanlebihbaikmemilih item darikayudaripadaplastikuntukanakkecil.kayumenawarkankeragamanpengalamananak : detail yang indahdaribiji-bijian yang berbeda,memiliki aroma yang berbeda-bedasepertipinusatau birch, beberapasuara yang di hasilkan, terlebihlagiprodukkayumengajarkananakuntukmenghargaiaalam. Sedangkanplastikadalahprodukbuatanmanusia yang hampirtidak bias dihancurkan, tidakmemerlukanperawatankhususjugatidakmenawakanberbagaipengalamaninderakepadaanak.

Me

Post a Comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .

Credits