A.
JUDUL
BubukNatha (SerbukUntukMenulis Tuna Grahita)
Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis Bagi Penyandang Tuna
Grahita di Panti Asuhan Bina Siwi Komplek Balai Desa Sendangsari Pajangan
Bantul, Yogyakarta.
B.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Penyandang
tunagrahita (cacatganda) adalahseorang yang mempunyaikelainan mental,
atautingkahlakuakibatkecerdasan yang terganggu, adakalanyacacat mental
dibarengidengancacatfisiksehinggadisebutcacatgandaMisalnya, cacatintelegensi
yang merekaalamidisertaidenganketerbelakanganpenglihatan (cacatpadamata),
adajuga yang disertaidengangangguanpendengaran. Adanyacacat lain yang
dimilikiselaincacatintelegensiinilah yang menciptakanistilah lain untukanak
tunagrahitayaknicacatganda.
Pengelompokan
yang sudah lama dikenalialahdebiluntuk yang ringan, imbesiluntukanak yang
sedang, dan idiot untukanak yang
berat.Untukketigakelompokanaktunagrahitatersebutadajuga yang
menyebutnyasebagaiberikut :mampudidikdengan IQ berkisarantara 50 - 70,
mampulatihantara 30 - 50, danperlurawatdengan IQ kurangdari 30.
SeiringdengandiberlakukannyaPeraturanPemerintahRepublik Indonesia nomor 72
tahun 1991, Pengelompokananak tunagrahita pun dirubahmenjadianak
tunagrahitaringan, tunagrahitasedang, dan tunagrahitaberat.
Anak yang tergolong dalam tunagrahita ringan memiliki banyak kelebihan dan
kemampuan. Mereka mampu dididikdan dilatih. Misalnya, membaca, menulis,
berhitung, menjahit, memasak, bahkan berjualan. Tunagrahita ringan lebih mudah
diajak berkomunikasi. Selain itu kondisi fisik mereka tidak begitu mencolok.
Mereka mampu berlindung dari bahaya apapun. Karena itu anak tunagrahita ringan
tidak memerlukan pengawasan ekstra.
Tidak jauh berbeda dengan anak
tunagrahita ringan. Anak tunagrahita sedang pun mampu diajak berkomunikasi.
Namun, kelemahannya mereka tidak begitu mahir dalam menulis, membaca, dan
berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumahnya akan dengan
jelas dijawab. Mereka dapat bekerja di lapangan namun dengan sedikit
pengawasan. Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahaya. Sedikit perhatian
dan pengawasan dibutuhkan untuk perkembangan mental dan sosial anak tunagrahita
sedang.
Anak tunagrahita berat disebut
juga idiot. karena dalam kegiatan sehari-hari mereka membutuhkan
pengawasan, perhatian, bahkan pelayanan yang maksimal. Mereka tidak dapat
mengurus dirinya sendiri apalagi berlindung dair bahaya. Asumsi anak
tunagrahita sama dengan anak Idiot tepat digunakan jika anak tunagrahita yang
dimaksud tergolong dalam tungrahita berat.
Ada beberapa aspek yang
menyebabkan anak tunagrahita
berkesulitan dalam belajar menulis yakni :
a. Memegang pensil (Psikomotorik)
1. Sudut pensil terlalu besar
2. Sudut pensil terlalu kecil
3. Menggenggam pensil seperti mau meninju
4. Menyangkutkan pensil di tangan atau menyeret
pensil. Jenis memegang pensil seperti ini yakni termasuk ciri – ciri bagi
anak kidal.
b. Mengenal huruf
Anak tunagrahita sulit dalam mengenal huruf, apabila
sudah di acak-acak letaknya. Sehingga untuk menuliskan huruf-huruf dengan
rapi dan benar juga kesulitan. Dengan demikian maka daya ingat (memori) anak tunagrahita sangat lemah, sehingga perlu pelayanan
khusus dalam pembelajaran.
c. Menulis ekspresif.
Yakni mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam suatu bentuk tulisan.
Sehingga dapat dipahami oleh orang lain yang sebahasa, menulis ekspresif
disebut juga mengarang atau komposisi.
C.
PERUMUSAN
MASALAH
1. Apakahanak-anaktunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Balai Desa
Sendangsari sudah bisa mengenal huruf-huruf dengan baik?
2. Bagaimana
“BubukNatha”dapatmembantu
meningkatkan kemampuan mengingat huruf dan kemampuan menulisanak-anaktunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Balai Desa
Sendangsari?
D.
TUJUAN
1. Memberikanpelayananbimbinganbelajartentang pegenalan huruf untuk anak-anak tunagrahita di Panti
Asuhan Bina Siwi, Komplek Bala Desa Sendangsari.
2. Memberikanpelayananbimbinganbelajarmenulis untuk
anak-anak tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Bala Desa Sendangsari
E.
LUARAN
YANG DIHARAPKAN
Dalammelaksanakan program inidiharapkananak-anakpenyandang tuna grahita
di PantiAsuhanBinaSiwidapatmeningkatkankemampuanmenulismerekasetaradengananak-anak
normal.
F.
KEGUNAAN
Kami berharap program
inidapatbermanfaatbagipihak-pihak di bawahini:
1.
Bagianak-anakdi Panti Asuhan Bina Siwi
-
Dapat
mengenal huruf dengan cepat.
-
Berkembagnya
kemampuan menulis anak.
2.
Bagipengelola
Mendapatkanreferensibarudalammembimbingdanmendampingi
anak-anak tunagrahita di Panti
Asuhan Bina Siwi Komplek Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Yogyakarta.
3. Bagidirisendiri
Memilikipengalamanbarudalampengabdianmasyarakatkhususnyamemberikanpelayanankepadaanak-anaktunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi Komplek Balai Desa
Sendangsari Pajangan Bantul, Yogyakarta.
Kegiataninimerupakansuatucarauntukmeningkatkankreativitasmahasiswadalamduniapendidikan.
Dalamkegiataninidiharapkanparamahasiswadapatmelihatrealitapemerataanpendidikanbagiparaanak-anak
yang memilikikeistimewaan.Selainitu,
melaluikegiataninimahasiswadiharapkanmampuuntukmemperdalampolapikirmerekauntukmelihatsertabelajarmengatasimasalah-masalah
yang dihadapi.
4. Bagiduniapengabdianmasyarakat
Memberikan ide barubagipelayanananak-anak di panti asuhan.
Kegiatan ini diharapkan dapat membantu anak-anak penyandang tuna grahita
untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis. Dengan metode yang digunakan
ini, tak hanya diharapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka namun
juga untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak-anak tuna grahita dengan
struktur kasar pada masing-masing huruf alphabet.
G. GAMBARAN
UMUM MASYARAKAT SASARAN
Berdirinyabinasiwi 1989 awalnyapendidikan,
1993 SLB belumpunya guru pembimbing, 200 sudahbekerjadenganpemerintahdesa, 2009
pengelolaan yang berbedamemilikipengelolaan yang berbedasebelumnya,
makakretivitasbisa di operasikandengancaramemeberikanbahasalisandanisyarat.
Dengankesabarandalammembimbing,
pembimbingberhasilmemberikecakapananakdalammenanggapi data yang diberikan
Anak-anakbinasiwiberlatarbelakangdarikeluarga
yang tidakmampu.Perjanjiandengan orang tuaberbeda-beda,
penangananmelibatkanpendampingdankesulitan yang di alami.
Permasalahansosialdipantiasuhaniniterutama
yang berhubungandengananak (bahwasianaktidakbisamenerimakenyataandirinYa)
namunsianaktersebutdiberibimbingan agar sianaktidakterus-terusan,
sehinggaanaktersebutmerasatermotivasinamunsecarakeseluruhansama.
Penangananabksendiriterdiridari PLB, agama,
keterampilan.Lembagainibersifatswastadalambakatsendirimasing-masinganak di
modifikasi, sehinggabisadiketahuibakatsianakdengancaramengelompokkansesuaibakat
yang dimilikinya. Bentukpembiayaansendiridiberikandana 1tahun
50.000/anak,padahariraya di berikanbantuanberupaberas, dandana di
perolehmelaluiospekkampus-kampusdengancaramengikutsertakananak-anakpantidalmpentas:menari,menyanyi,
dan lain-lain. Sedangkanpelayananmakan, minumdan lain-lain
berdasarkansumbangan/donatur.Jumlahpengasuhnya 8.Jumlahanak 25,
dimanaberlatarbelakangsatusama lain berbeda-beda. Pantiasuhanbinasiwiberkerjasamadenganpemerintahdesa.
Penyakit yang dideritaantara lain: tunarungu, wicara, grahita(dayafikirkurang),
tunadaksa(keterbatasangerakmotorik)
H.
METODE
PELAKSANAAN
1. Persiapan
Adapunkegiatan
yang akandilakukanpadatahappersiapan, yakni :
·
Surveitempatpelaksanaankegiatan
·
Pembuatan proposal
danpenyelesaianadministrasiperijinantempatataulokasipengabdianmasyarakat.
·
Pembuatanalatperagasesuaidenganjumlahanak
yang ingindibimbing.
2. Pelaksanaankegiatan
3. Evaluasi
Kegiatanevaluasibertujuanuntukmelihatperkembanganak-anak
tuna
grahitadalamkemampuanmerekamenulissetelahdilaksanakankegiatanini.Evaluasiinijugabertujuanuntukmengetahuikendala-kendala
yang ada,caramenanganinyasehingga program
inidapatberjalandenganefektifdanmaksimal.
4. PembuatanLaporan
· PembuatanLaporanAwal
Pembuatanlaporanawaldisesuaikandenganperencanaanbagaimanahasil
yang telahdicapaiselamamelakukanpembinaanterhadapanak-anak tuna
grahitapantiasuhanbinasiwi, bantul.
· RevisiLaporan
Revisilaporandilakukanapabilaterjadikesalahanpadapembuatanlaporanawal.
· PembuatanLaporanAkhir
Pembuatanlaporanakhirdilakukansetelahmelakukanrevisilaporandanpelaksanaankegiatan agardalampenyusunanlaporanakhirdiperolehhasil
yang lebihbaik.
I.
JADWAL
KEGIATAN
Tabel
2.TabelJadwalPelaksanaanKegiatan
No.
|
Kegiatan
|
Bulan
I
|
Bulan
2
|
Bulan
3
|
Bulan 4
|
|||||||||||||
1.
|
SurveiTempatdanPerijinan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Penyiapan
Materi dan Bimbingan
Pengenalan Huruf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Bimbingan menulis, membuat kata sederhana.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Bimbingan menulis, membuat kalimat sederhana.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Bimbingan menulis, membuat beberapa kalimat sederhana.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Monitoring
danEvaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
PenulisanLaporanAkhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
J.
RANCANGAN
BIAYA
Tabel 3.TabelRacanganBiaya
No
|
Keperluan
|
Jumlah
|
HargaSatuan (Rp)
|
Total (Rp)
|
1.
|
Kesekretariatan
- Proposal
|
100.000
|
|
100.000
|
2.
|
Komunikasi
|
300.000
|
|
300.000
|
3.
|
Transportasi
|
3
|
3x24x7.500
|
1.620.000
|
4.
|
Konsumsi
|
3 tentor
5 anak
|
3x24x10000
5x24x7000
|
2.250.000
840.000
|
5.
|
Dokumentasi
|
|
300.000
|
|
6.
|
Kenang-kenaganuntukpantiasuhan
|
|
400.000
|
|
7.
|
Alatperaga
-
Pengadaan130 papan
alphabet
|
2.000.000
|
|
2.100.000
|
8.
|
Alattulis
|
|
|
375.000
|
9.
|
LaporanPertangungjawaban
|
|
|
200.000
|
10.
|
Jumlah
|
|
|
8.485.000
|
K.
LAMPIRAN
1. AnggotaPelaksanaKegiatan
a. NamaLengkap :AdiktiaKurniawati
b. TempatdanTanggalLahir : Temanggung, 19 januari 1995
c. Alamat : Gang bromo
no.12
d. Semester : II (dua)
e. NIM :131134077
f. Fakultas/
Program Studi : FKIP/ PGSD
g. PerguruanTinggi :UniversitasSanata
Dharma
h. Pelatihan : -
AdiktiaKurniawati
131134077
2. AnggotaPelaksanaKegiatan
a. NamaLengkap : Fransiska Anggraeni Wijayanti
b. TempatdanTanggalLahir :Pangkalpinang,
29 Maret 1994
c. Alamat : Jl. STM Pembangunan
d. Semester : II
(dua)
e. NIM :131134078
f. Fakultas/
Program Studi : FKIP/ PGSD
g. PerguruanTinggi :
UniversitasSanata Dharma
h. Pelatihan : -
Fransiska Anggraeni Wijayanti
131134078
3. AnggotaPelaksanaKegiatan
a. NamaLengkap :
Aisyah Desmaniar
b. TempatdanTanggalLahir :TanjungEnim, 12 januari 1996
c. Alamat :JL. Affandi no 10c
d. Semester : II
(dua)
e. NIM :1311340
f. Fakultas/
Program Studi : FKIP/ PGSD
g. PerguruanTinggi :UniversitasSanata
Dharma
h. Pelatihan : -
Aisyah Desmaniar
131134087
Post a Comment
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.
1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .