Sunday, July 6, 2014

CONTOH PKM-M PENGABDIAN MASYARAKAT


A.    JUDUL
BubukNatha (SerbukUntukMenulis Tuna Grahita) Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis Bagi Penyandang Tuna Grahita di Panti Asuhan Bina Siwi Komplek Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Yogyakarta.

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Penyandang tunagrahita (cacatganda) adalahseorang yang mempunyaikelainan mental, atautingkahlakuakibatkecerdasan yang terganggu, adakalanyacacat mental dibarengidengancacatfisiksehinggadisebutcacatgandaMisalnya, cacatintelegensi yang merekaalamidisertaidenganketerbelakanganpenglihatan (cacatpadamata), adajuga yang disertaidengangangguanpendengaran. Adanyacacat lain yang dimilikiselaincacatintelegensiinilah yang menciptakanistilah lain untukanak tunagrahitayaknicacatganda.
Pengelompokan yang sudah lama dikenalialahdebiluntuk yang ringan, imbesiluntukanak yang sedang, dan idiot untukanak yang berat.Untukketigakelompokanaktunagrahitatersebutadajuga yang menyebutnyasebagaiberikut :mampudidikdengan IQ berkisarantara 50 - 70, mampulatihantara 30 - 50, danperlurawatdengan IQ kurangdari 30. SeiringdengandiberlakukannyaPeraturanPemerintahRepublik Indonesia nomor 72 tahun 1991, Pengelompokananak tunagrahita pun dirubahmenjadianak tunagrahitaringan, tunagrahitasedang, dan tunagrahitaberat.
Anak yang tergolong dalam tunagrahita ringan memiliki banyak kelebihan dan kemampuan. Mereka mampu dididikdan dilatih. Misalnya, membaca, menulis, berhitung, menjahit, memasak, bahkan berjualan. Tunagrahita ringan lebih mudah diajak berkomunikasi. Selain itu kondisi fisik mereka tidak begitu mencolok. Mereka mampu berlindung dari bahaya apapun. Karena itu anak tunagrahita ringan tidak memerlukan pengawasan ekstra.
Tidak jauh berbeda dengan anak tunagrahita ringan. Anak tunagrahita sedang pun mampu diajak berkomunikasi. Namun, kelemahannya mereka tidak begitu mahir dalam menulis, membaca, dan berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumahnya akan dengan jelas dijawab. Mereka dapat bekerja di lapangan namun dengan sedikit pengawasan. Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahaya. Sedikit perhatian dan pengawasan dibutuhkan untuk perkembangan mental dan sosial anak tunagrahita sedang.
Anak tunagrahita berat disebut juga idiot. karena dalam kegiatan sehari-hari mereka membutuhkan pengawasan, perhatian, bahkan pelayanan yang maksimal. Mereka tidak dapat mengurus dirinya sendiri apalagi berlindung dair bahaya. Asumsi anak tunagrahita sama dengan anak Idiot tepat digunakan jika anak tunagrahita yang dimaksud tergolong dalam tungrahita berat.
Ada beberapa aspek yang menyebabkan anak tunagrahita  berkesulitan dalam belajar menulis yakni :
a.      Memegang pensil (Psikomotorik)
1.      Sudut pensil terlalu besar
2.      Sudut pensil terlalu kecil
3.      Menggenggam pensil seperti mau meninju
4.      Menyangkutkan pensil di tangan atau menyeret pensil. Jenis memegang pensil seperti ini  yakni termasuk ciri – ciri bagi anak kidal.
b.      Mengenal huruf
Anak tunagrahita sulit dalam mengenal huruf, apabila sudah di acak-acak letaknya. Sehingga  untuk menuliskan huruf-huruf dengan rapi dan benar juga kesulitan. Dengan demikian maka daya ingat (memori) anak tunagrahita sangat lemah, sehingga perlu pelayanan khusus dalam pembelajaran. 
c.       Menulis ekspresif.
Yakni mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam suatu bentuk tulisan. Sehingga dapat dipahami oleh orang lain yang sebahasa, menulis ekspresif disebut juga mengarang atau komposisi.



C.    PERUMUSAN MASALAH
1.      Apakahanak-anaktunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Balai Desa Sendangsari sudah bisa mengenal huruf-huruf dengan baik?
2.      Bagaimana “BubukNatha”dapatmembantu meningkatkan kemampuan mengingat huruf dan kemampuan menulisanak-anaktunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Balai Desa Sendangsari?

D.    TUJUAN
1.    Memberikanpelayananbimbinganbelajartentang pegenalan huruf untuk anak-anak tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Bala Desa Sendangsari.
2.    Memberikanpelayananbimbinganbelajarmenulis  untuk anak-anak tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Bala Desa Sendangsari

E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Dalammelaksanakan program inidiharapkananak-anakpenyandang tuna grahita di PantiAsuhanBinaSiwidapatmeningkatkankemampuanmenulismerekasetaradengananak-anak normal.

F.     KEGUNAAN
Kami berharap program inidapatbermanfaatbagipihak-pihak di bawahini:
1.    Bagianak-anakdi Panti Asuhan Bina Siwi
-          Dapat mengenal huruf dengan cepat.
-          Berkembagnya kemampuan menulis anak.
2.    Bagipengelola
Mendapatkanreferensibarudalammembimbingdanmendampingi anak-anak tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi Komplek Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Yogyakarta.
3.    Bagidirisendiri
Memilikipengalamanbarudalampengabdianmasyarakatkhususnyamemberikanpelayanankepadaanak-anaktunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi Komplek Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Yogyakarta.
Kegiataninimerupakansuatucarauntukmeningkatkankreativitasmahasiswadalamduniapendidikan. Dalamkegiataninidiharapkanparamahasiswadapatmelihatrealitapemerataanpendidikanbagiparaanak-anak yang memilikikeistimewaan.Selainitu, melaluikegiataninimahasiswadiharapkanmampuuntukmemperdalampolapikirmerekauntukmelihatsertabelajarmengatasimasalah-masalah yang dihadapi.
4.      Bagiduniapengabdianmasyarakat
Memberikan ide barubagipelayanananak-anak di panti asuhan.
Kegiatan ini diharapkan dapat membantu anak-anak penyandang tuna grahita untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis. Dengan metode yang digunakan ini, tak hanya diharapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka namun juga untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak-anak tuna grahita dengan struktur kasar pada masing-masing huruf alphabet. 
G.    GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Berdirinyabinasiwi 1989 awalnyapendidikan, 1993 SLB belumpunya guru pembimbing, 200 sudahbekerjadenganpemerintahdesa, 2009 pengelolaan yang berbedamemilikipengelolaan yang berbedasebelumnya, makakretivitasbisa di operasikandengancaramemeberikanbahasalisandanisyarat. Dengankesabarandalammembimbing, pembimbingberhasilmemberikecakapananakdalammenanggapi data yang diberikan
Anak-anakbinasiwiberlatarbelakangdarikeluarga yang tidakmampu.Perjanjiandengan orang tuaberbeda-beda, penangananmelibatkanpendampingdankesulitan yang di alami.
Permasalahansosialdipantiasuhaniniterutama yang berhubungandengananak (bahwasianaktidakbisamenerimakenyataandirinYa) namunsianaktersebutdiberibimbingan agar sianaktidakterus-terusan, sehinggaanaktersebutmerasatermotivasinamunsecarakeseluruhansama. Penangananabksendiriterdiridari PLB, agama, keterampilan.Lembagainibersifatswastadalambakatsendirimasing-masinganak di modifikasi, sehinggabisadiketahuibakatsianakdengancaramengelompokkansesuaibakat yang dimilikinya. Bentukpembiayaansendiridiberikandana 1tahun 50.000/anak,padahariraya di berikanbantuanberupaberas, dandana di perolehmelaluiospekkampus-kampusdengancaramengikutsertakananak-anakpantidalmpentas:menari,menyanyi, dan lain-lain. Sedangkanpelayananmakan, minumdan lain-lain berdasarkansumbangan/donatur.Jumlahpengasuhnya 8.Jumlahanak 25, dimanaberlatarbelakangsatusama lain berbeda-beda. Pantiasuhanbinasiwiberkerjasamadenganpemerintahdesa. Penyakit yang dideritaantara lain: tunarungu, wicara, grahita(dayafikirkurang), tunadaksa(keterbatasangerakmotorik)
H.    METODE PELAKSANAAN
1.      Persiapan
Adapunkegiatan yang akandilakukanpadatahappersiapan, yakni :
·         Surveitempatpelaksanaankegiatan
·         Pembuatan proposal danpenyelesaianadministrasiperijinantempatataulokasipengabdianmasyarakat.
·         Pembuatanalatperagasesuaidenganjumlahanak yang ingindibimbing.
2.      Pelaksanaankegiatan
3.      Evaluasi
Kegiatanevaluasibertujuanuntukmelihatperkembanganak-anak tuna grahitadalamkemampuanmerekamenulissetelahdilaksanakankegiatanini.Evaluasiinijugabertujuanuntukmengetahuikendala-kendala yang ada,caramenanganinyasehingga program inidapatberjalandenganefektifdanmaksimal.
4.      PembuatanLaporan
·       PembuatanLaporanAwal
Pembuatanlaporanawaldisesuaikandenganperencanaanbagaimanahasil yang telahdicapaiselamamelakukanpembinaanterhadapanak-anak tuna grahitapantiasuhanbinasiwi, bantul.
·       RevisiLaporan
Revisilaporandilakukanapabilaterjadikesalahanpadapembuatanlaporanawal.
·       PembuatanLaporanAkhir
Pembuatanlaporanakhirdilakukansetelahmelakukanrevisilaporandanpelaksanaankegiatan  agardalampenyusunanlaporanakhirdiperolehhasil yang lebihbaik.
I.       JADWAL KEGIATAN
Tabel 2.TabelJadwalPelaksanaanKegiatan
No.
Kegiatan
Bulan I
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4

1.
SurveiTempatdanPerijinan
















2.
Penyiapan Materi dan Bimbingan Pengenalan Huruf 
















3.
Bimbingan menulis, membuat kata sederhana.

















4.
Bimbingan menulis, membuat kalimat sederhana.
















5.
Bimbingan menulis, membuat beberapa kalimat sederhana.
















6.
Monitoring danEvaluasi
















7.
PenulisanLaporanAkhir

















J.      RANCANGAN BIAYA
Tabel 3.TabelRacanganBiaya
No
Keperluan
Jumlah
HargaSatuan (Rp)
Total (Rp)
1.
Kesekretariatan
- Proposal

100.000


100.000
2.
Komunikasi
300.000

300.000
3.
Transportasi
3
3x24x7.500
1.620.000
4.
Konsumsi
3 tentor
5 anak
3x24x10000
5x24x7000
2.250.000
840.000
5.
Dokumentasi

300.000
6.
Kenang-kenaganuntukpantiasuhan

400.000
7.
Alatperaga
-          Pengadaan130 papan alphabet

2.000.000




2.100.000
8.
Alattulis


375.000
9.
LaporanPertangungjawaban


200.000
10.
Jumlah


8.485.000




K.    LAMPIRAN
1.    AnggotaPelaksanaKegiatan
a.   NamaLengkap                      :AdiktiaKurniawati
b.  TempatdanTanggalLahir : Temanggung, 19 januari 1995
c.   Alamat                                  : Gang bromo no.12
d.  Semester                               : II (dua)
e.   NIM                                      :131134077
f.   Fakultas/ Program Studi       : FKIP/ PGSD
g.  PerguruanTinggi                    :UniversitasSanata Dharma
h.  Pelatihan                               : -




                                             AdiktiaKurniawati
131134077

2.    AnggotaPelaksanaKegiatan
a.    NamaLengkap                      : Fransiska Anggraeni Wijayanti
b.  TempatdanTanggalLahir :Pangkalpinang, 29 Maret 1994
c.  Alamat                                  : Jl. STM Pembangunan
d. Semester                                : II (dua)
e.  NIM                                      :131134078
f.   Fakultas/ Program Studi       : FKIP/ PGSD
g.  PerguruanTinggi                    : UniversitasSanata Dharma
h.  Pelatihan                               : -




                                        Fransiska Anggraeni Wijayanti
                                                                        131134078
3.    AnggotaPelaksanaKegiatan
a.    NamaLengkap                      : Aisyah Desmaniar
b.    TempatdanTanggalLahir      :TanjungEnim, 12 januari 1996
c.    Alamat                                  :JL. Affandi no 10c
d.   Semester                               : II (dua)
e.    NIM                                     :1311340
f.     Fakultas/ Program Studi       : FKIP/ PGSD
g.    PerguruanTinggi                   :UniversitasSanata Dharma
h.    Pelatihan                              : -




                                                                        Aisyah Desmaniar
                                                                            131134087













Me

Post a Comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .

Credits