Sunday, July 6, 2014

PRINSIP-PRINSIP DASAR MORAL

PRINSIP-PRINSIP DASAR MORAL
Etika pengembangan diri jelas memuat sesuatu yang hakiki bagi segenap program moral : pengembangan diri memang tanggung jawab kita. Tetapi kita juga melihat prinsip itu tidak mencukupi. Orang yang hanya memikirkan pengembangan diri malahan tidak akan berkembangan, karena ia hanya berkisar pada dirinya sendiri. Ketertutupan itu didobrak oleh utilitarisme. Utilitarisme memiliki prinsip tanggung jawab universal sebagai dasarnya : manusia wajib mempertanggungjawabkan akibat-akibat tindakannya terhadaap semua yang terkena olehnya. Tetapi utilitarisme memilikin kelemahan yang fatal, yaitu iia tidak dapat menjamin keadilan dan hormat terhadap hak-hak asasi manusia dan dengan demikian tidak menjamin martabat manusia.
A.    Prinsip Dasar
  1.      Prinsip sikap baik
Prinsip ini mendahului dan mendasari semua prinsip moral lain. Prinsip sikap baik mendasari semua norma moral karena hanya atas dasar prinsip itu kita harus selalu bersikap positif, adil, jujur dan setia kepada orang lain.
2  .      Prinsip keadilan
Adil pada hakikatnya badalah member kepada siapa saja sesuai dengan apa yang menjadi haknya. Dan pada hakikatnya pula semua orang adalah sama. Maka tuntutan paling dasar sebuah keadilan adalah perlakukan yang sama terhadap semua orang. Jadi prinsip keadilan mengungkapkan kewajiban untuk memberikan perlakukan yang sama terhadap orang lain untuk menghormati hak semua pihak yang bersangkutan.
3  .      Prinsip hormat terhadap diri sendiri
Prinsip ketiga ini mengatakan bahwa manusia wajib untuk selalu memperlakukan diri sebagai sesuatu yang bernilai pada dirinya sendiri. Prinsip ini berdasarkan paham bahwa manusia adalah pusat perhatian yang memiliki kebebasan dan akal budi. Maka manusia wajib menghormati martabatnya sendiri.
Prinsip ini mempunyai dua arah. Pertama, manusia dituntut agar tidak membiarkan diri diperas, diperalat, diperkosa, diperbudak. Kedua, manusia dituntut agar tidak membiarkan dirinya terlantar
Sebagai rangkuman dapat dikatakan bahwa kebaikan dan keadailan yang kita tunjukkan kepada orang lain perlu diimbangi dengan sikap menghormati dirinya sendiri sebagai makhluk yang bernilai dan berharga.

B.     Hubungan antar prinsip
Secara ringkas dapat dikatakan bahwa prinsip keadilan dan hormat pada diri sendiri merupakan syarat pelaksanaan sikap baik, sedangkan prinsip baik menjadu dasar mengapa seseorang bersedia untuk bersikap adil.
Ada sebuah prinsip atau patokan lain yang disebut prinsip keseimbangan atau proposionalitas. Prinsip itu mengatakan bahwa antara yang dikorbankan dan yang diutamakan harus ada keseimbangan. Artinya harus ada keseimbangan antara ketiga prinsip moral dasar tersebut.
C.    Dua tingkatan realitas
Apabila kita membandingkan prinsip keadilan dengan prinsip hormat terhadap diri sendiri, kita melihat bahwa dua prinsip tersebut bukan dua melainkan satu prinsip saja, yaitu prinsip hormat terhadap manusia sebagai pesona. Prinsip ini dirumuskan oeh Imanuel Kant yang mengatakan bahwa kita harus memperlakukan setiap manusia karena mereka bersifat persona, sebagai tujuan pada dirinya sendiri. Diarahkan pada orang lain prinsip itu berarti bahwa kita harus memperlakukannya dengan adil. Terhadap diri sendiri prinsip itu memuat kewajiban untuk jangan membiarkan diri terlantar. Prinsip mencerminkan suatu keyakinan sangat umum dalam filsafat barat yang mengutamakan manusia terhadap orang lain.
Antara dua prinsip tersebut terdapat perbedaan hakiki. Prinsip sikap baik berlaku terhadap apa saja yang ada. Prinsip hormat terhadap persona hanya terhadap makhluk berakal budi. Menjamin agar manusia jangan dijadikan sarana atau alat untuk tujuan yang lain     .
D.    Kesimpulan
Tiga prinsip moral dasar mengarahkan kita pada struktur nilai yang hakiki dalam seluruh realitas. Prinsip sikap baik mengacu pada nilai dari apa saja yang ada dan prinsip hormat terhadap persona yang merangkup prinsip kadilan dan prinsip hormat terhadap diri sendiri mengacu pada nilai tak terhingga setiap makhluk yang berakal budi.











Me

Post a Comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .

Credits