Saturday, October 6, 2012

Seni Tangram


Menurut pembaca, siluet di bawah menunjukkan gambar apa?
Orang berjalan?
Bagaimana dengan siluet di bawah?
Burung?
Bagaimana dengan yang berikut ini?
Kucing?

Apakah pembaca tahu bahwa siluet tersebut dibentuk dari permainan puzzle yang disebut dengan tangram? Tangram adalah puzzle yang terdiri dari tujuh keping “tan”. Gambar di bawah memperlihatkan permainan tangram.
Omochatoys juga memproduksi permainan tangram ini. Gambar di bawah memperlihatkan tangram yang diproduksi oleh Omochatoys. Harganya cukup Rp. 30.000,- (Tiga puluh ribu rupiah). Harga distributor ?......  Diskon seperti biasa.
Pembaca bisa juga mencoba memainkan tangram secara online di situs ini.
Hasil akhir dari penyusunan puzzle, diperlihatkan pada gambar di bawah.

Sekarang silakan dicoba puzzle orang berlari, atau puzzle unta, atau puzzle kucing.
            
Oops…. Tidak ada puzzle orang berlari dan puzzle unta ya. Dalam game online hanya ada contoh 32 siluet puzzle. Yaitu:
      
Kalau gitu, ya dicoba saja main tangram dengan siluet-siluet yang tersedia ya..... Untuk siluet yang lain, bisa dicoba main secara offline. Main secara offline bisa lebih rileks lho. Dan tentunya, mainnya dengan tangram buatan Omochatoys ya. Produk Omochatoys bagus-bagus lho.
Tangram adalah permainan puzzle tertua yang tercatat dalam sejarah. Tangram berasal dari China.
Menurut salah satu cerita. Ada seorang tukang keramik yang diperintah oleh Kaisar untuk membuat motif lantai istana kaisar. Karena pusing menentukan motif yang cocok, akhirnya dia membuat tangram tersebut. Dari tangram dia bisa membuat berbagai macam motif.  Gambar di bawah memperlihatkan sebagian dari berbagai macam motif tersebut.
Ada banyak cerita tentang tangram. Sejarah pastinya tidak ada yang tahu. Tangram pertama kali tercatat pada literatur di China pada tahun 1813 [1]. Pembaca bisa search di internet dengan keyword “tangram”, akan keluar banyak gambar atau cerita tentang tangram.
Ada juga orang yang  mencari berapa banyak bentuk convex (cembung) yang bisa dibentuk dari keping-keping tangram tersebut.  Orang tersebut pasti senang matematik. Proof by Fu Traing Wang dan Chuan-Chih Hsiung [2] membuktikan bahwa jawabannya adalah 13 (tiga belas). "Bentuk Convex itu apaan sih?", convex itu bahasa Indonesianya cembung. "Iya... tau... convex itu cembung...... tapi apaan?"  Begini, kalau ada suatu gambar di kertas. Gambar dua titik di dalam gambar tersebut. Anda bebas memilih lokasi titik, asalkan ada di dalam gambar. Kemudian tarik garis lurus antara dua titik tersebut. Jika garis tersebut selalu berada di dalam gambar, maka gambar tersebut adalah convex. Gambar di bawah memperlihatkan bentuk convex yang dapat disusun oleh keping-keping tangram. Jika Anda dapat mencari bentuk ke-14, Anda mungkin bisa tercatat dalam sejarah.
Tangram adalah permainan puzzle yang sangat menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan tapi juga melatih imajinasi. Tanpa perlu penjelasan lebih dalam, dengan melihat contoh-contoh gambar di atas, sudah cukup jelas bagi pembaca bahwa tangram bisa melatih imajinasi.
Tangram cocok dipakai untuk pendidikan anak usia dini. Gambar di bawah memperlihatkan, tangram digunakan pada sebuah TK di Amerika Serikat [3].
Anak-anak berlatih menyusun tangram  untuk membentuk gambar burung Rajawali. Terbayang oleh penulis, sambil menyusun gambar, anak-anak ngomong “bentuk yang kotak ada di sini, bentuk ini ada di sini, yang segitiga gede ada di sini, yang segitiga kecil ada di sini”, wah …. Kalau gitu mereka belajar shape (bentuk geometri) dong … kemudian mungkin juga menghitung jumlah pecahan keping …. satu …. dua …. tiga ….
Mereka belajar posisi, atas-bawah, kiri-kanan, mereka belajar bentuk-bentuk geometri, konsep besar-kecil, kalau begitu …. Sebetulnya …. Mereka bermain sambil belajar matematika ya ….
Itu tadi bayangan penulis saja….. Sejujurnya, penulis tidak tahu apa yang ada di benak anak-anak ini….Mungkin mereka membayangkan burung …. Mungkin mereka membayangkan gunung …. Mungkin juga membayangkan kue …. Biarkan mereka dengan imajinasi mereka sendiri.

Omochatoys pernah menerima order pembuatan beberapa ratus tangram dari seorang psikolog di Jakarta. Katanya untuk melatih imajinasi dan konsentrasi. Hmmm…. Mungkin tangram memang bisa dipakai untuk melatih konsentrasi.
Ada paradoks di tangram. Coba lihat gambar di bawah.
Siluet dua orang, sama-sama dibuat dari tujuh keping tangram. Satu berkaki, yang satu lagi tidak. Apakah pembaca bisa membuat siluet dua orang tersebut? Bagaimana dengan kakinya? Ke mana perginya kaki pada siluet tak berkaki?  Paradoks pada tangram ditemukan oleh Henry Ernest Dudeney (10 April 1857–24 April 1930, English author and mathematician), disebut Paradoks Dudeney (Dudeney’s Paradox).
Menarik bukan?.....dari tujuh keping tangram, bisa dibuat bermacam-macam bentuk.
Pesan penulis ke distributor: Jadi waktu menjual tangram …. Jangan hanya tangram dibongkar, terus meminta pembeli untuk coba pasang kembali di kotaknya ….. tapi diikuti cerita bahwa dari tujuh keping ini bisa dibuat bermacam-macam bentuk lho .... seperti kucing ... burung... pak tani... orang berjalan, orang berlari...  Bangunan dlsb. Bisa untuk melatih imajinasi.... latihan matematika dlsb.

sumber :  http://www.omochatoys.com/index.php?option=com_content&view=article&id=425:tangram&catid=78:mainan-edukatif&Itemid=163


3 comments:

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Jika ada Link Download rusak silahkan komentar dibawah ini
3. Jika Anda memiliki masalah silahkan bertanya di papan komentar
4. Silahkan menyertakan link artikel ini yang mau share ke blog Anda .

Credits